Keterampilan membuka
dan menutup pembelajaran adalah salah satu keterampilan dasar yang harus
dimiliki seorang guru. Membuka pelajaran atau set induction adalah usaha
yang dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajran untuk menciptakan
prakondisi bagi siswa agar mental maupun perhatian terpusat pada pengalaman
belajar yang disajikan sehingga akan mudah mencapai kompetensi yang diharapkan.
Dengan kata lain, membuka pelajaran itu adalah mempersiapkan mental dan
perhatian siswa agar terpusat pada hal –
hal yang akan di pelajari.
Secara khusus tujuan
membuka pelajaran adalah untuk :
1. Menarik perhatian siswa,
yang bisa dilakukan dengan :
Y
Meyakinkan siswa bahwa materi atau pengalaman belajar yang akan
dilakukan berguna bagi dirinya
Y
Melakukan hal –
hal yang dianggap aneh bagi siswa, misalnya dengan menggunakan alat bantu
Y
Melakukan interaksi yang menyenangkan
2. Menumbuhkan motivasi
belajar siswa, yang dapat dilakukan dengan :
Y
Membangun suasana akrab sehingga siswa merasa dekat, misalnya
menyapa dan berkomunikasi secara kekeluargaan
Y
Menimbulkan rasa ingin tahu, misalnya mengajak siswa untuk
mempelajari suatu kasus yang sedang hangat dibicarakan
Y
Mengaitkan materi atau pengalaman belajar yang akan dilakukan
dengan kebutuhan siswa
3. Memberikan acuan atau
rambu – rambu tentang
pembelajaran yang akan dilakukan, yang dapat dilakukan dengan :
Y
Mengemukakan tujuan yang akan dicapai serta tugas – tugas yang harus dilakukan dalam hubungannya
dengan pencapaian tujuan
Y
Menjelaskan langkah –
langkah atau tahapan pembelajaran, sehingga siswa memahami apa yang harus
dilakukan
Y
Menjelaskan target atau kemampuan yang harus dimiliki setelah
pembelajaran berlangsung
Menutup pelajaran
dapat diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan guru untuk mengakhiri pelajaran
dengan maksud untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang apa yang telah
dipelajari siswa serta keterkaitannya dengan pengalaman sebelumnya, mengetahui
tingkat keberhasilan siswa, serta keberhasilan guru dalam memlaksanakan proses
pembelajaran.
Menutup
pelajaran dapat dilakukan dengan cara :
v
Merangkum atau membuat garis – garis besar persoalan yang baru dibahas, sehingga siswa
memperoleh gambaran yang menyeluruh dan jelas tentang pokok – pokok persoalan
v
Mengonsolidasikan perhatian siswa terhadap hal – hal yang pokok agar informasi yang telah
diterima dapat membangkitkan minat untuk mempelajari lebih lanjut
v
Mengorganisasikan kegiatan yang telah dilakukan untuk membentuk pemahaman
baru tentang materi yang telah dipelajari
v
Memberikan tindak lanjut serta saran – saran untuk memperluas wawasan yang
berhubungan dengan materi pelajaran yang telah dibahas.






0 komentar:
Posting Komentar