Karakteristik Pendidikan SD



Karakteristik Umum Pendidikan SD
Pendidikan SD mempunyai ciri khas yang membedakannya dari satuan pendidikan lainnya. Paling tidak ada empat sasaran utama dalam pendidikan SD, yaitu sebagai berikut : (Dikjen Dikti,2006)
o Kemelekwacanaan (literacy). Pendidikan SD diarahkan pada pembentukan kemelekwacanaan, bukan pada pembentukan kemampuan akademik. Kemelekwacanaan merujuk kepada pemahaman siswa tentang berbagai fenomena / gagasan dilingkungannya dalam rangka menyesuaikan perilaku dengan kehidupan.
o Kemampuan berkomunikasi. Pendidikan SD diarahkan untuk membentuk kemampuan berkomunikasi, yaitu mampu mengkomunikasikan sesuatu, baik buah pikiran sendiri maupun informasi yang didapat dari berbagai sumber, kepada orang lain dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Informasi yang akan dikomunikasikan mungkin di dapat melalui mendengar dari seorang teman, membaca dari koran, atau menyaksikan sendiri, baik secara langsung maupun melalui siaran televisi
o Kemampuan memecahkan masalah (probelm solving) yang mencakup merasakan adanya masalah, mengidentifikasi masalah, mencari informasi untuk memecahkan masalah, mengeksplorasi alternatif pemecahan masalah, dan memilih alternatif yang paling layak
o Kemampuan bernalar (reasoning) yaitu menggunakan logika dan bukti – bukti secara sistematis dan konsisten untuk sampai pada kesimpulan. Pendidikan SD diarahkan untuk mengembangkan kemampuan siswa berpikir logis sehingga kemampuan bernalarnya berkembang. Siswa yang terlatih daya nalarnya, tidak akan cepat percaya pada suatu yang tidak masuk akal.

Karakteristik Khusus Pendidikan SD                  
Karakteristik khusus pendidikan SD meliputi :
§  Siswa
§  Guru
§  Kurikulum
§  Pembelajaran
§  Gedung dan peralatan pembelajaran

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar